Masih membahas filter oli Kijang yang “disalahgunakan”, kali
ini filter oli Kijang yang paling banyak beredar di masyarakat. Kodenya
90915-YZZZ1. Filter ini umum dipakai di semua generasi Kijang yang memakai
mesin seri K, mulai Kijang Buaya KF10 bermesin 3K hingga Kijang Kapsul EFI KF82
dengan mesin 7K-E. Diproduksi oleh Denso Indonesia. Harganya murah, biasanya
dijual dengan harga kurang dari 30 ribu rupiah. Di bengkel resmi pun harganya
hanya 26 ribu rupiah. Mari kita lihat kemasan filter tersebut.
Kita lihat bagian belakang, apakah ada petunjuk yang
menarik?
“Digunakan untuk model Kijang : 7KE, KF82, KF60, KF80”
Intinya, tulisan tersebut menyatakan bahwa 90915-YZZZ1
dirancang untuk Kijang Kapsul 1800 cc. Lalu bagaimana dengan Kijang – Kijang generasi
sebelumnya? Apakah tidak cocok menggunakan filter ini?
Kita lihat saja buku pedoman pemiliknya masing – masing. Setidaknya,
kita selidiki volume filter olinya. Berikut ini hasilnya;
|
Volume oli (tanpa ganti filter)
|
Volume oli (ganti filter)
|
Volume filter oli
|
Kijang 4K
|
3,0 liter
|
3,5 liter
|
0,5 liter
|
Kijang 5K
|
3,0 liter
|
3,5 liter
|
0,5 liter
|
Kijang 7K & 7K-E
|
3,4 liter
|
3,7 liter
|
0,3 liter
|
Nah, sekarang ketahuan, bahwa sebenarnya 90915-YZZZ1 agak
terlalu kecil untuk Kijang 5K dan 4K. Lalu filter apa yang cocok? Sepertinya
ini jawabannya
Filter 90915-YZZE1 ini ukuran fisiknya sedikit lebih tinggi
daripada 90915-YZZZ1, sepertinya cocok untuk Kijang 4K & Kijang 5K yang
memang butuh filter denga volume sedikit lebih besar. Apalagi, tercantum 4K dan
5K di kemasannya. Filter ini biasanya dipakai di Toyota Yaris. Harganya agak
tinggi. 70-80 ribu rupiah. Maklum, impor dari Thailand.
Gambar-gambar pada artikel ini didapat dari google, yang
pada akhirnya mengarahkan pada gambar-gambar dari berbagai online shop dalam
dan luar negeri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar