Berawal dari salah seorang kerabat yang minjemin mobilnya ke saya,
sekitar 1 tahun yang lalu, akhirnya saya bisa ngerasain gimana rasanya ngerawat
spesies hewan mobil yang satu ini. Seekor Mitusbishi Kuda GLS Diesel
produksi tahun 2000. Pertama kali saya coba, kaget. Rasanya aneh. Tenaga loyo,
rem gak pakem, alarm rusak, indikator pada mati, beberapa lampu juga mati.
Ditambah pula dengan lunturnya cat di bagian atap. Bener – bener kuleuheu kata orang Sunda.
Setelah beberapa perjuangan untuk membujuk si empunya mobil untuk
membenahi mobilnya ini, akhirnya saya gak cuma dipinjemin, tapi juga dapet
tugas buat bawa mobil itu bulak balik ke bengkel. Ya, akhirnya mobil itu
direstorasi. Mulai dari tune up
mesin, ganti timing belt, kuras
minyak rem, ganti kopling 1 set, kerok radiator, perbaikan sistem kelistrikan,
pasang alarm baru, bongkar kaki – kaki sampe cat ulang di beberapa bagian.
Setelah bulak – balik ke berbagai bengkel selama sekitar sebulan, dan
menghabiskan dana yang lumayan bikin empunya mobil agak ngedumel, akhirnya si
Kuda yang tak bisa makan rumput ini bisa dibawa jalan jauh tanpa rasa was –
was. Oke, cukup ya dongengnya. Sekarang kita mulai review benerannya.
Diliat dari tampangnya, si Kuda generasi awal ini gagah banget kalau
dilihat dari depan. Mirip Mitsubishi Pajero tahun 90an. Tapi Pajero beneran ya,
bukan Pajero versi murah Sport. Dan jangan sampai bemper tanduk
orisinilnya lepas, nanti jadi kelihatan culun. Bagian sampingnya gagah juga,
dengan bentuk pintu & kaca yang lurus - lurus. Beda dengan Kijang Kapsul
yang lebih berusaha tampil elegan. Namun, menurut saya ukuran pintu baris kedua
di versi diesel ini terlalu besar, karena harus menyesuaikan dengan chassisnya
yang lebih panjang. Nah, bagian belakang yang gak enak dilihat. Kuda generasi
awal ini pintu bagasinya masih dibuka ke samping, mirip Kijang Super &
Panther Kotak. Kelihatan kuno banget. Apalagi, selain varian Super Exceed, gak
punya wiper kaca belakang. Jadi kelihatan polos. Di versi diesel, tambah wagu
lagi karena atapnya yang lebih tinggi. Pokoknya gak enak diliat deh!
Soal build quality, si Kuda ini
juara. Bodinya tebel. Emang tebel besinya ya, bukan tebel dempul kayak mobil
karoserian. Coba bandingin sama Kijang atau Panther, Kuda masih lebih tebel. Di
interior juga sama, dashboardnya keras dan kokoh, walaupun desainnya kalah
mewah daripada Kijang Kapsul. Gak ada deh cerita dashboard Kuda bunyi rattle.
Apalagi kisi – kisi AC yang rontok kayak di kebanyakan Panther, gak akan
terjadi di Kuda ini.
Walaupun berbodi MPV, tapi si Kuda ini ternyata dibekali mesin &
transmisi tipe pelari. Mesin dieselnya ini unik. Tidak seperti diesel pada
umumnya yang tenaganya gede di RPM bawah tapi bengek di RPM atas, mesin diesel
4D56 yang sama dengan Colt L300 ini malah mengeluarkan tenaganya di RPM yang
agak tinggi. Tarikannya masih kerasa hingga sekitar 3300 RPM. Malah untuk
nanjak di Cipularang, RPM harus ditahan di atas 3000 supaya gak kedodoran. Tapi
untuk urusan kecepatan, si Kuda ini paling kenceng kalo dibanding Panther atau
Kijang Diesel. Cerita dari orang – orang, MPV ini sanggup lari hingga 160an
kilometer per jam. Kalau saya sih Cuma pernah nyoba sampe sekitar 135 km/jam
aja. Lebih dari itu gak berani. Di kecepatan segitu memang mobil udah mulai
oleng. Tapi itu juga udah lumayan kalo kita bandingin dengan MPV lain yang
sezaman, biasanya udah mulai gak stabil di 120an km/jam. Remnya juga bikin was
– was kalo terlalu ngebut. Sesudah diservis pun remnya tetap agak keras dan
kurang pakem. Mirip Panther lah. Beda sama Kijang yang empuk tapi pakem. Malah
terlalu pakem menurut beberapa orang.
Bawa si Kuda jalan – jalan gak akan bikin kantong cekak karena urusan
bahan bakar. Memang sih, secara itungan kilometer per liternya gak terlalu irit
untuk ukuran diesel. Sekitar 1:8 untuk dalem kota dan sekitar 1:13 untuk kebut
– kebutan di tol. Tapi tetap saja, dia biasa minum bahan bakar termurah di
Indonesia Raya, apalagi kalau bukan biosolar! Dengan harga biosolar yang cuma 5
ribuan per liter, perjalanan Jakarta – Bandung dengan melewati macetnya proyek
jalan tol yang gak beres – beres itu cuma butuh 70 ribuan untuk anggaran bahan
bakar.
Kalo butuh mobil nyaman, jangan pilih Kuda deh. Bantingannya keras.
Apalagi yang generasi awal, per daunnya masih 5 lembar. Setelah facelift, pernya dikurangi 1 lembar.
Konon lebih empuk sedikit, tapi masih keras. Ketidaknyamanan ini diperparah
dengan ukuran bannya yang agak nyeleneh, 185/80R14. Ukuran ban segini biasanya
dipakai oleh mobil pick-up. Ada sih versi mobil penumpangnya, tapi anehnya
hampir semua merk ban cuma bikin ban kelas eco-ecoan untuk ukuran segini. Gak
ada yang bikin ban tipe comfort.
Lengkaplah sudah ketidaknyamanan ini.
Yang perlu dipikirin dari Kuda diesel ini adalah sparepartnya. Loh,
bukannya mesinnya sama dengan L300 ya? Iya sih, tapi mobil kan bukan cuma mesin
doang. Sparepart mesin memang
melimpah ruah, karena memang sama dengan L300. Nah, yang perlu dipikirin adalah
sparepart selain bagian mesin. Agak
susah nyari sparepart orisinilnya.
Kalo yang merk lokal atau Taiwan sih masih ada. Misalnya, saya pernah nyariin
spion kanan buat gantiin spion bawaan mobil yang patah kesenggol motor. Nyari
ke toko - toko sparepart di Banceuy,
pusatnya onderdil mobil di Bandung, gak ada yang jual. Akhirnya pesan ke
bengkel resmi, akhirnya inden dengan perkiraan waktu 1 bulan. Ehh ditungguin
sampe 3 bulanan gak datang. Akhirnya beli online.
Itu pun KW Taiwan. Harganya? 800 ribu! Padahal spion hitam polos doang, manual
pula. Bandingkan dengan spion manual milik Panther atau Kijang yang orisinilnya
pun gak nyampe 200 ribu.
Suatu ketika, waktu saya bawa si Kuda ini tune - up di bengkel resmi Mitsubishi, saya liat ada satu ekor Kuda
diesel yang lain. Parkir di pojokan area servis dengan bodi berdebu. Saya tanya
salah satu montir, lagi sakit apa sih dia? Ternyata, water pump bocor karena terbentur kerikil. Udah 3 minggu nongkrong
di bengkel resmi, nunggu water pump
pengganti yang tak kunjung datang. Pantes debunya tebel…
Pernah juga saya bawa Kuda servis ke bengkel kaki – kaki, karena ketika
mau spooring, eh kata petugasnya
harus servis kaki – kaki dulu. Ternyata penyakitnya banyak juga. Mulai dari shock absorber, ball joint, tie rod, rack
end, dan beberapa part lain yang saya gak ingat namanya. Sesuai arahan si
pemilik mobil, saya pesan ke bengkel untuk pake onderdil yang orisinil. Bengkel
gak punya stoknya. Berangkatlah satu orang montir untuk belanja onderdil –
onderdilnya. Ditunggu berjam – jam, montir yang bersangkutan gak pulang –
pulang. Ternyata setelah montirnya keliling ke berbagai toko onderdil,
sparepart orisinil yang tersedia di pasaran cuma shock absorber, sisanya nihil. Terpaksa part lain pakai merk TRW
bikinan Taiwan.
Entah berapa lama Kuda – Kuda yang tak merumput ini bisa bertahan. Toh
sekarang pun sudah jarang kelihatan di kota – kota besar. Beda dengan Kijang
dan Panther yang masih sering terlihat. Memang di masa jayanya pun,
penjualannya tidak selaris kedua pesaingnya itu. Entah apakah keterbatasan
onderdil orisinilnya juga berpengaruh mempercepat kepunahan spesies hewan yang satu
ini. Yang jelas, jika 10 tahun lagi ada Kuda yang masih terawat dan orisinil,
kemungkinan besar akan diincar oleh kolektor…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar