Sabtu, 07 September 2019

Mitsubishi Kuda, Gagah, Kencang, Irit, tapi…


Berawal dari salah seorang kerabat yang minjemin mobilnya ke saya, sekitar 1 tahun yang lalu, akhirnya saya bisa ngerasain gimana rasanya ngerawat spesies hewan mobil yang satu ini. Seekor Mitusbishi Kuda GLS Diesel produksi tahun 2000. Pertama kali saya coba, kaget. Rasanya aneh. Tenaga loyo, rem gak pakem, alarm rusak, indikator pada mati, beberapa lampu juga mati. Ditambah pula dengan lunturnya cat di bagian atap. Bener – bener kuleuheu kata orang Sunda.
Setelah beberapa perjuangan untuk membujuk si empunya mobil untuk membenahi mobilnya ini, akhirnya saya gak cuma dipinjemin, tapi juga dapet tugas buat bawa mobil itu bulak balik ke bengkel. Ya, akhirnya mobil itu direstorasi. Mulai dari tune up mesin, ganti timing belt, kuras minyak rem, ganti kopling 1 set, kerok radiator, perbaikan sistem kelistrikan, pasang alarm baru, bongkar kaki – kaki sampe cat ulang di beberapa bagian.
Setelah bulak – balik ke berbagai bengkel selama sekitar sebulan, dan menghabiskan dana yang lumayan bikin empunya mobil agak ngedumel, akhirnya si Kuda yang tak bisa makan rumput ini bisa dibawa jalan jauh tanpa rasa was – was. Oke, cukup ya dongengnya. Sekarang kita mulai review benerannya.
Diliat dari tampangnya, si Kuda generasi awal ini gagah banget kalau dilihat dari depan. Mirip Mitsubishi Pajero tahun 90an. Tapi Pajero beneran ya, bukan Pajero versi murah Sport. Dan jangan sampai bemper tanduk orisinilnya lepas, nanti jadi kelihatan culun. Bagian sampingnya gagah juga, dengan bentuk pintu & kaca yang lurus - lurus. Beda dengan Kijang Kapsul yang lebih berusaha tampil elegan. Namun, menurut saya ukuran pintu baris kedua di versi diesel ini terlalu besar, karena harus menyesuaikan dengan chassisnya yang lebih panjang. Nah, bagian belakang yang gak enak dilihat. Kuda generasi awal ini pintu bagasinya masih dibuka ke samping, mirip Kijang Super & Panther Kotak. Kelihatan kuno banget. Apalagi, selain varian Super Exceed, gak punya wiper kaca belakang. Jadi kelihatan polos. Di versi diesel, tambah wagu lagi karena atapnya yang lebih tinggi. Pokoknya gak enak diliat deh!
Soal build quality, si Kuda ini juara. Bodinya tebel. Emang tebel besinya ya, bukan tebel dempul kayak mobil karoserian. Coba bandingin sama Kijang atau Panther, Kuda masih lebih tebel. Di interior juga sama, dashboardnya keras dan kokoh, walaupun desainnya kalah mewah daripada Kijang Kapsul. Gak ada deh cerita dashboard Kuda bunyi rattle. Apalagi kisi – kisi AC yang rontok kayak di kebanyakan Panther, gak akan terjadi di Kuda ini.
Walaupun berbodi MPV, tapi si Kuda ini ternyata dibekali mesin & transmisi tipe pelari. Mesin dieselnya ini unik. Tidak seperti diesel pada umumnya yang tenaganya gede di RPM bawah tapi bengek di RPM atas, mesin diesel 4D56 yang sama dengan Colt L300 ini malah mengeluarkan tenaganya di RPM yang agak tinggi. Tarikannya masih kerasa hingga sekitar 3300 RPM. Malah untuk nanjak di Cipularang, RPM harus ditahan di atas 3000 supaya gak kedodoran. Tapi untuk urusan kecepatan, si Kuda ini paling kenceng kalo dibanding Panther atau Kijang Diesel. Cerita dari orang – orang, MPV ini sanggup lari hingga 160an kilometer per jam. Kalau saya sih Cuma pernah nyoba sampe sekitar 135 km/jam aja. Lebih dari itu gak berani. Di kecepatan segitu memang mobil udah mulai oleng. Tapi itu juga udah lumayan kalo kita bandingin dengan MPV lain yang sezaman, biasanya udah mulai gak stabil di 120an km/jam. Remnya juga bikin was – was kalo terlalu ngebut. Sesudah diservis pun remnya tetap agak keras dan kurang pakem. Mirip Panther lah. Beda sama Kijang yang empuk tapi pakem. Malah terlalu pakem menurut beberapa orang.
Bawa si Kuda jalan – jalan gak akan bikin kantong cekak karena urusan bahan bakar. Memang sih, secara itungan kilometer per liternya gak terlalu irit untuk ukuran diesel. Sekitar 1:8 untuk dalem kota dan sekitar 1:13 untuk kebut – kebutan di tol. Tapi tetap saja, dia biasa minum bahan bakar termurah di Indonesia Raya, apalagi kalau bukan biosolar! Dengan harga biosolar yang cuma 5 ribuan per liter, perjalanan Jakarta – Bandung dengan melewati macetnya proyek jalan tol yang gak beres – beres itu cuma butuh 70 ribuan untuk anggaran bahan bakar.
Kalo butuh mobil nyaman, jangan pilih Kuda deh. Bantingannya keras. Apalagi yang generasi awal, per daunnya masih 5 lembar. Setelah facelift, pernya dikurangi 1 lembar. Konon lebih empuk sedikit, tapi masih keras. Ketidaknyamanan ini diperparah dengan ukuran bannya yang agak nyeleneh, 185/80R14. Ukuran ban segini biasanya dipakai oleh mobil pick-up. Ada sih versi mobil penumpangnya, tapi anehnya hampir semua merk ban cuma bikin ban kelas eco-ecoan untuk ukuran segini. Gak ada yang bikin ban tipe comfort. Lengkaplah sudah ketidaknyamanan ini.
Yang perlu dipikirin dari Kuda diesel ini adalah sparepartnya. Loh, bukannya mesinnya sama dengan L300 ya? Iya sih, tapi mobil kan bukan cuma mesin doang. Sparepart mesin memang melimpah ruah, karena memang sama dengan L300. Nah, yang perlu dipikirin adalah sparepart selain bagian mesin. Agak susah nyari sparepart orisinilnya. Kalo yang merk lokal atau Taiwan sih masih ada. Misalnya, saya pernah nyariin spion kanan buat gantiin spion bawaan mobil yang patah kesenggol motor. Nyari ke toko - toko sparepart di Banceuy, pusatnya onderdil mobil di Bandung, gak ada yang jual. Akhirnya pesan ke bengkel resmi, akhirnya inden dengan perkiraan waktu 1 bulan. Ehh ditungguin sampe 3 bulanan gak datang. Akhirnya beli online. Itu pun KW Taiwan. Harganya? 800 ribu! Padahal spion hitam polos doang, manual pula. Bandingkan dengan spion manual milik Panther atau Kijang yang orisinilnya pun gak nyampe 200 ribu.
Suatu ketika, waktu saya bawa si Kuda ini tune - up di bengkel resmi Mitsubishi, saya liat ada satu ekor Kuda diesel yang lain. Parkir di pojokan area servis dengan bodi berdebu. Saya tanya salah satu montir, lagi sakit apa sih dia? Ternyata, water pump bocor karena terbentur kerikil. Udah 3 minggu nongkrong di bengkel resmi, nunggu water pump pengganti yang tak kunjung datang. Pantes debunya tebel…
Pernah juga saya bawa Kuda servis ke bengkel kaki – kaki, karena ketika mau spooring, eh kata petugasnya harus servis kaki – kaki dulu. Ternyata penyakitnya banyak juga. Mulai dari shock absorber, ball joint, tie rod, rack end, dan beberapa part lain yang saya gak ingat namanya. Sesuai arahan si pemilik mobil, saya pesan ke bengkel untuk pake onderdil yang orisinil. Bengkel gak punya stoknya. Berangkatlah satu orang montir untuk belanja onderdil – onderdilnya. Ditunggu berjam – jam, montir yang bersangkutan gak pulang – pulang. Ternyata setelah montirnya keliling ke berbagai toko onderdil, sparepart orisinil yang tersedia di pasaran cuma shock absorber, sisanya nihil. Terpaksa part lain pakai merk TRW bikinan Taiwan.
Entah berapa lama Kuda – Kuda yang tak merumput ini bisa bertahan. Toh sekarang pun sudah jarang kelihatan di kota – kota besar. Beda dengan Kijang dan Panther yang masih sering terlihat. Memang di masa jayanya pun, penjualannya tidak selaris kedua pesaingnya itu. Entah apakah keterbatasan onderdil orisinilnya juga berpengaruh mempercepat kepunahan spesies hewan yang satu ini. Yang jelas, jika 10 tahun lagi ada Kuda yang masih terawat dan orisinil, kemungkinan besar akan diincar oleh kolektor…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar